Dahsyatnya hari kiamat


badai

Hari akhir atau hari kiamat, bukanlah sebuah omong kosong isapan jempol semata. Hari kiamat adalah hal yang pasti akan datang, namun demikian tiada seorangpun yang dapat mengetahui datangnya. Karena sama halnya dengan maut, kiamat pun hanya pada Allah sajalah pengetahuan tentang hari kiamat, seperti yang tertulis dalam Kalamullah yang artinya :

“Mereka menanyakan kepadamu tentang hari kiamat : bilakah terjadinya ?. Katakanlah : Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku, tidak seorangpun yang dapat menjelaskan kedatangannya sampai hari kiamat selain dari Dia (Allah), hari kiamat itu adalah amat berat (huru-haranya bagi yang mahluk) yang di langit dan di bumi, hari kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba” (QS Al-A’raaf : 187)

Salah satu ayat yang saya tuliskan di atas hanyalah 1 dari sekian banyak ayat yang menerangkan tentang hari kiamat, tentu saja apabila di cantumkan seluruhnya akan berhari-hari pembahasnnya karena begitu banyak ayat yang menerangkan dan mengingatkan kita akan hal datangnya hari kiamat. Dari ayat di atas, telah terang dan jelas bahwa hari kiamat pastilah akan datang, dan boleh jadi sudah sangat dekat waktunya seperti yang termaktub dalam salah satu ayat yang bermaksud :

“Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi kiamat itu telah dekat waktunya” (QS Al-Ahzab : 63)

Dan sesungguhnya peristiwa hari kiamat amatlah berat dan dahsyat, bumi sama di guncang dengan dahsyat, langit di gulung, lautan meluap, gunung di hancur luluhkan dan bagaikan bulu yang di hambur-hamburkan, manusia bagaikan anai-anai yang bertebaran, Dalam Alqur’an telah terang dan jelas gambaran akan dahsyatnya hari kiamat, seperti halnya :

Apabila langit digulung, dan apabila bintang-bintang berjatuhan, dan apabila gunung-gunung dihancurkan, dan apabila unta-unta yang bunting di tinggalkan (tidak lagi dipedulikan), dan apabila binatang-binatang liar dikumpulkan, dan apabila lautan dijadikan meluap, dan apabila ruh-ruh dipertemukan (dengan tubuh), apabila bayi-bayi perempuan yang dikubur hidup-hidup ditanya, karena dosa apakah ia dibunuh, dan apabila catatan-catatan (amal perbuatan manusia) dibuka, dan apabila langit dilenyapkan, dan apabila neraka Jahim dinyalakan, dan apabila surga di dekatkan” (QS At-Takwir : 1-13)

Semua manusia sama takut, dan panik, dalam hatinya terdapat kecemasan, namun demi Allah yang Maha perkasa, tidak ada tempat berlari maupun sembunyi :

“Ia bertanya : Bilakah hari kiamat itu? Maka apabila mata terbelalak (ketakutan), dan apabila bulan telah hilang cahayanya, dan matahari dan bulan dikumpulkan, pada hari itu manusia berkata : Kemana tempat lari? Sekali-sekali tidak ! Tidak ada tempat berlindung !” (QS Al-Qiyaamah : 6-11)

Di saat itu lalailah semua wanita yang menyusui anaknya, dan gugurlah kandungan segala wanita hamil, dan pada saat itu sama mabuk, padahal sebenarnya tidak mabuk, tapi itulah merupakan siksa Allah :

“Sesungguhnya kegoncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar (dahsyat). (ingatlah) pada hari (ketika) kamu melihat kegoncangan itu, lalailah semua wanita yang menyusui anaknya dari anak yang disusukannya, dan gugurlah kandungan segala wanita hamil, dan kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, akan tetapi azab Allah itu sangat kerasnya” (QS Al-Hajj : 1-2)

Kemudian pada ayat lain di sebutkan Allah menggulung langit seperti menggulung lembaran kertas, kemudian di gantikan dengan bumi yang lain dan demikian pula langit :

“(Yaitu) pada hari Kami gulung langit sebagai menggulung lembaran-lembaran kertas. Sebagaimana Kami telah memulai penciptaan pertama begitulah Kami akan mengulanginya. Itulah suatu janji yang pasti Kami tepati ; sesungguhnya Kamilah yang akan melaksanakan-Nya” (QS Al-Anbiyaa : 104)

“(Yaitu) pada hari (ketika) bumi digantikan dengan bumi yang lain dan (demikian pula) langit” (QS. Ibrahim : 48)

Di saat itu seluruh mahluk, dan benda yang paling besar hingga yang terkecil semuanya dihancur luluhkan, dan dimusnahkan oleh Allah. Wajiblah bagi kita ummat muslim untuk mengimani, dan jadikanlah acuan tersebut sebagai langkah kita agar berhati-hati, karena hidup kita tidaklah kekal, segalanya akan berahir, segalanya akan kembali pada Allah Pencipta langit dan bumi, Maha Perkasa lagi Maha Kekal.

NB :

Sesungguhnya masih banyak ayat-ayat yang menerangkan perihal kedahsyatan hari ahir, namun karena keterbatasan saya sebagai mahluk lemah, maka hanya sebagian kecil saja yang saya tuliskan. Mohon bila pembaca menemukan kekeliruan, saya mengharap kesediaannya memberikan kritikan yang sifatnya membangun.

One response to “Dahsyatnya hari kiamat

Mohon kepada para alim ulama, para sarjana, para ahli dan cerdik cendekiawan untuk berkenan menambah dan membetulkan, andaikata dalam penulisan saya ini terdapat kekeliruan, kekurangan serta kekhilafan. Begitu pula saya mengharap bimbingan dan sarannya. Dalam hal ini saya sangat berterima kasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s